teks memutar

Total kunjungan

Senin, 15 November 2010

Teknisi Jaringan Linux

Selain jaringan komputer berbasis Windows, jaringan komputer berbasis Linux juga sangat penting bagi sebuah kantor. Beberapa alasan antara lain: menggunakan freeware, dapat dimodifikasi sesuai keinginan, keamanan jaringan lebih bagus dan memiliki kualitas dan kuantitas yang berbeda dibanding jaringan komputer berbasis Windows.
Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan Peserta dapat instalasi, administrasi, sharing menggunakan NFS maupun Samba dan membuat router internet. Sistem berkas jaringan (Network File System, NFS) adalah sebuah terdiri atas beberapa protokol yang digunakan bersama-sama dalam mengakses beberapa sistem berkas memanfaatkan jaringan. Lebih dari 200 vendorkomputer dan jaringan telah dilisensi memanfaatkan Teknologi NFS ini, dan telah dibuat implementasinya pada banyak platform dan sistem operasi. NFS menjadikan klien-klien bisa mengakses berkas yang disimpan di dalam server jaringansexara bersmaan. Sedangkan SAMBA Merupakan program open source yang menyediakan layanan berbagi berkas dan berbagi alat hard copy (print service). Samba yang merupakan aplikasi file server mengizinkan beberapa sumber daya agar dapat digunakansecara bersama-sama oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows.
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dimanfaatkan karena memudahkan pengalokasian alamat IP dalam suatu jaringan. Jaringan lokal yang tidak memanfaatkan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika menggunakan DHCP yang dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer terkoneksi dalam jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, DHCP juga memberikan secara otomatis padad default gateway dan DNS server.
Internet pada intinya adalah suatu global network dimana kompuetr-komputer dan jaringan dari yang banyak saling terhubung dan terkoneks satu dengan yang lainnya. Router akan dbutuhkan agar tiap-tiap komputer dalam jaringan bisa mengakses internet dalam waktu bersamaan. Alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang disebut routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan lalu lintas data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
Materi:
  • Instalasi Linux
  • Perintah Dasar
  • Administrasi User
  • Seting Jaringan
  • Remote sistem dengan SSH
  • Hak akses
  • Network File System (NFS) Samba Server
  • Koneksi Internet Broadband
  • Router Internet
  • DHCP Server
  • Pengawasan Traffic Jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar